Krisis jumlah penduduk, robot bayi ini jadi populer di Jepang

by
Krisis jumlah penduduk, robot bayi ini jadi populer di Jepang

Writid.net – Dalam rentang 2010-2015, sensus di Jepang menunjukkan bahwa populasi masyarakat merosot hingga hampir satu juta jiwa. Krisis jumlah penduduk ini bukan disebabkan oleh wabah maupun kelaparan. Namun disebabkan oleh banyaknya penduduk yang memilih tidak menikah.

Sebuah perusahaan manufaktur ternama mencoba sumbang solusi. Yaitu dengan memroduksi robot mini layaknya manusia bayi. Robot ini dapat melakukan gerak duduk sembari menyeimbangkan tubuh layaknya bayi. Robot ini juga dapat mengerjap-ngerjapkan mata seperti tingkah bayi, mengoceh pada orang dewasa, dan menunjukkan ekspresi wajah yang menggemaskan. Robot bernama Kirobo Mini ini merupakan miniatur dari Kirobo original yang telah dibuat untuk membantu para astronot ketika perjalanan jauh.

Fuminori Kataoka, chief design engineer Kirobo Mini menyatakan bahwa gerak layaknya bayi dari robotini dimaksudkan untuk membangun hubungan emosional manusia kepada Kirobo. Ini dapat menjadi sarana penyaluran naluri kasih sayang seorang dewasa kepada anak-anak. Mendorong untuk menumbuhkan keinginan memiliki anak sungguhan.