Facebook kembangkan alat yang bisa kirim telepati, kayak pendekar nih

by
Facebook kembangkan alat yang bisa kirim telepati, kayak pendekar nih -Writid.net

Writid.net – Sebagian dari kita pasti pernah bermimpi punya kemampuan telepati bak pendekar di film laga. Mark Zuckerberg rupanya punya mimpi yang sama denganmu. Divisi pengembang hardware Facebook dikabarkan sedang mengembangkan alat yang mampu mengirim pemikiran orang kepada orang lain.

Adalah impian dari pendiri Facebook, Mark Zuckerberg membuat gadget yang membuat manusia bisa membaca pikiran orang lain dan berkomunikasi dengan gelombang otak. Untuk itu, dia membentuk divisi riset rahasia pada tahun lalu untuk mengembangkan teknologi ‘brain-computer interface’yang terdengar mirip dengan telepati di film-film fiksi.

Beberapa lalu Facebook memang mengunggah lowongan pekerjaan yang mencari beberapa ilmuwan sekelas doktor untuk mengurus proyek kerja mereka seperti ‘neuroimaging’ dan ‘electrophysiological data’ untuk membuat platform komunikasi masa depan.

“Neuroimaging adalah ilmu pengetahuan lanjutan yang menggunakan berbagai teknik untuk men-scan dan memahami apa yang sedang terjadi di otak manusia dan mensimulasikannya dengan komputer,” terang pihak Facebook dalam unggahan lowongannya itu.

Zuckerberg memang punya keyakinan bahwa suatu hari impiannya tentang teknologi mirip telepati itu akan terwujud. Hal itu diungkapkannya dalam tanya jawab di media Juni 2015 lalu.

“Suatu hari, saya percaya bahwa kita akan bisa untuk mengirim pikiran kita ke orang lain secara langsung lewat teknologi,”

Sebagai langkah konkret, Facebook telah merekrut ahli pemetaan otak bernama Mark Chevillet, seorang manajer program aplikasi neuroscience di John Hopkins University sebagai pemimpin teknik proyek neuroimaging.

Jadi kita tunggu saja bagaimana hasil kerja para ilmuwan Facebook ini. Apakah bisa mewujudkan impian kita sekaligus impian pemilik Facebook tentang telepati? Waktu yang akan menjawabnya.

Writid.net

Baca juga: