Gara-gara pacaran beda warna kulit, cewek ini nyaris tidak bisa kuliah

by
Gara-gara pacaran beda warna kulit, cewek ini nyaris tidak bisa kuliah
Gara-gara pacaran beda warna kulit, cewek ini nyaris tidak bisa kuliah

Writid.netAllie Dowdle, gadis asal Memphis, Tennessee, Amerika Serikat nyaris saja nggak bisa kuliah. Kisah ini bermula ketika Dowdle lulus sekolah menengah atas dan dia ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Sayangnya cewek berusia 18 tahun ini harus menghadapi tantangan berat lho.

Kedua orangtuanya justru nggak mau memberikan biaya kuliah. Bahkan uang tabungan dan jaminan sosialnya dicabut. Penyebabnya cuma gara-gara dia berpacaran dengan cowok berkulit hitam. Wah!

Sementara Dowdle ingin kuliah dan nggak mau putus dari pacarnya, Michael Swift yang sudah dia pacari selama setahun. Tapi Dowdle nggak kehilangan akal. Dia kemudian menulis surat pada lembaga penggalangan dana, GoFundMe.

Allie Dowdle

Pada halaman penggalangan dana tersebut, Dowdle menceritakan kisahnya yang harus mengalami rintangan dari kedua orangtuanya. Dia juga mengirim foto diri bersama kedua orangtuanya.

“Mengapa? Karena warna kulit? Aku tidak akan pernah melupakan bagaimana kedua orangtuaku berteriak memarahiku. Mereka menyatakan aku telah mengecewakan mereka. Aku tidak bisa memahami bagaimana seseorang bisa dinilai kurang baik hanya karena warna kulitnya,” tulis Dowdle dalam laman GoFundMe, beberapa waktu lalu.

Dowdle dan Michael selama ini berpacaran meski harus backstreet. Orangtuanya baru tahu saat Natal lalu ketika Michael datang ke rumah Dowdle dan memperkenalkan diri pada kedua orang ua pacarnya itu. Michael adalah seorang bintang sepak bola klub kampus Clemson University, South Carolina

Allie Dowdle

Begitu tahu, bukannya disetujui, kedua orangtua Dowdle justru mengambil keputusan mencabut semua fasilitas pada anaknya itu. “Mereka juga mengambil tabungan pribadi, mobil, telepon, serta dana pendidikan saya,” kisah Dowdle yang tergolong siswa cerdas dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,0.

Namun, sang ayah Bill, kepada New York Daily News menegaskan, ketidaksetujuannya Dowdle berpacaran dengan Michael bukan karena persoalan ras. Tapi karena mereka berpacaran backstreet. Bill adalah pemilik Dowdle Sports & Outdoors di Cordova, Tennessee.

Dowdle menjelaskan bahwa dirinya nggak pernah bermaksud membuat keluarganya malu. Dia hanya ingin kuliah dan tetap memadu kasih dengan Michael. Setidaknya ditahun pertama kuliah dia membutuhkan dana sebesar USD 10 ribu atau sekitar Rp 133,5 juta untuk biaya kuliah, hibah, pinjaman, dan biaya magang

Allie Dowdle

Karena kisahnya itu, Dowdle mendapat bantuan dari banyak pihak lewat lembaga pencari dana tersebut. Dari target USD 10 ribu, hingga 11 Januari 2017, dana yang terkumpul sudah mencapai lebih dari USD 33 ribu atau sekitar Rp 160 juta.

Wah meski negara maju dan modern, namun masalah pacaran beda warna kulit masih menjadi topik hangat di negeri adidaya itu.


Writid.net