10 Hal yang tidak kamu sadari sudah digantikan smartphone

by

10 Hal yang tidak kamu sadari sudah digantikan smartphone

10 Hal yang tidak kamu sadari sudah digantikan smartphone

10 Hal yang tidak kamu sadari sudah digantikan smartphone

Writid.net – Zaman semakin maju, teknologi pun semakin berkembang dan memudahkan pekerjaan manusia. Banyaknya hal di dunia ini yang berubah membuktikan kalau pesatnya perkembangan zaman berpengaruh pula pada hal-hal di sekitar kita. Misalnya saja alat komunikasi.

Seiring perkembangan zaman, telepon genggam tak lagi hanya sebagai alat komunikasi, tapi juga sebagai sumber pencari informasi, kamera, penerjemah, dan berbagai fungsi lainnya. Kecanggihan ini yang akhirnya membuat kita sekarang menyebut telepon genggam sebagai smartphone.

Lantas, hal-hal apa saja yang tidak kamu duga ternyata kini bisa digantikan smartphone? Simak daftar ulasannya seperti yang dikutip writid.net, Minggu (5/2).

 

1. Pita Pengukur

foto: dailymail.com

Kini di smartphone sudah ada aplikasi dan fitur untuk mengukur lingkar perut, lingkar lengan, atau lingkar paha kamu. Kebanyakan aplikasi ini menggunakan perhitungan trigonometri untuk mengukur lingkar dan tinggi bagian tubuh yang hendak kamu ukur. Kamu bisa menggunakan aplikasi Body Measurement Tracker. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Setelah kamu meng-install aplikasi ini, foto tubuh kamu yang ingin kamu ukur dan masukkan fotonya ke dalam aplikasi tersebut. Secara otomatis, bagian tubuh yang kamu tentukan ini akan terukur.

 

2. Penghitung Kalori

foto: yahoo.com

Kamu sering menahan diri untuk tidak makan makanan yang ada di hadapanmu karena khawatir makanan itu bakal merusak program dietmu? Tenang aja, sekarang ada aplikasi yang berfungsi untuk menghitung kalori suatu makanan, yakni Calorie Counter. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui kadar kalori suatu makanan sehingga kamu bisa memilih makanan yang ingin kamu santap disesuaikan dengan program dietmu. Aplikasi ini memanfaatkan kamera smartphone-mu. Setelah mengambil gambar foto makanan, Calorie Counter akan secara otomatis menghitung jumlah kalori yang terkandung di dalamnya.

 

3. Kompas

foto: uppa.org

Sekarang kamu sudah tak perlu memanfaatkan cahaya matahari atau membawa-bawa kompas ke mana pun untuk mengetahui arah mata angin. Tinggal install aplikasi Compass, kamu bisa langsung mengetahui arah mata angin kalau dibutuhkan.

 

4. Mesin Scanner

foto: in.techradar.com

Ini juga salah satu terobosan penting yang wajib sekali kamu gunakan di smartphone-mu. Ketika sedang terburu-buru dan harus scan dokumen penting, kamu bisa pakai CamScanner-Phone PDF Creator. Aplikasi ini bisa membantumu membaca atau scan dokumen, kartu nama, bahkan tagihan. Kamu tinggal mengarahkan kamera di aplikasi ini ke buku atau tulisan yang ingin kamu scan, dan otomatis ini aplikasi ini akan memindai tulisan atau buku tersebut.

 

5. Dompet

foto: jenius.com

Urusan keuangan sekarang bisa kamu atur dari smartphone-mu juga. Ketinggalan dompet gak lagi jadi masalah kalau kamu punya satu kartu dan aplikasi perbankan yang tepat, seperti aplikasi Jenius dari BTPN.

Dengan mengaktivasi Jenius di smartphone-mu, kamu akan otomatis membuat rekening baru dan mendapatkan kartu debit Jenius yang bisa kamu pakai untuk berbagai transaksi. Semua transaksi tersebut akan langsung tercatat dalam aplikasi Jenius.

Kartu debit ini juga berlabel VISA debit yang memungkinkan kamu untuk melakukan penarikan uang tunai dari ATM dan transaksi di luar negeri. Kalau kartu debitmu hilang, gak perlu panik dan ribet tlepon bank untuk pemblokiran kartu, karena kamu bisa blokir kartumu langsung dari dalam aplikasi Jenius. Kalau kartu debitmu berhasil ditemukan, tinggal unblock aja. Mudah, bukan?

Mau tau lebih lanjut soal Jenius? Klik ke sini atau download dan aktivasi Jenius untuk iOS atau Android sekarang.

 

6. Karaoke

foto: youtube.com

Tentunya kamu sudah pernah mendengar aplikasi yang namanya Smule? Aplikasi yang satu ini akan membuat kamu bebas karaoke bahkan duet dengan orang lain di mana saja melalui smartphone, bahkan sama idolamu juga. Tak perlu lagi repot ke luar rumah untuk karaokean lagi kalau semua sudah bisa dilakukan lewat smartphone.

 

7. P3K

foto: drippler.com

Kamu perlu sekali untuk install aplikasi P3K ini dari App Store atau Play Store kamu. Nama aplikasinya First Aid. First Aid ini bakal membantu kamu di saat kamu dalam keadaan darurat. Bagaimana bisa? Aplikasi ini akan memberi panduan sederhana yang tentunya akan berguna bagi siapa saja yang berusaha melakukan pertolongan pertama.

 

8. Peta jalan

foto: huffingtonpost.ca

Tak ada lagi kejadian menghabiskan waktu untuk mencari alamat dan tanya sana-sini karena kamu tak tahu jalan. Sekarang ada banyak pilihan aplikasi peta dan navigasi yang bisa kamu pakai untuk membantu perjalanan kamu. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah Waze. Aplikasi ini akan membantumu mencari alamat yang kamu akan tuju, sekaligus memberikan informasi kepada kamu berapa lama waktu tempuh yang kamu butuhkan. Waze mengembangkan fitur pantauan kemacetan dan memperhitungkan lama waktu kamu akan terjebak macet.

 

9. Universal Remote

foto: tomsguide.com

Kamu tahu tidak kalau beberapa perlengkapan elektronik yang menggunakan remote dapat dikontrol melalui smartphone kamu? Mulai dari televisi, DVD player, AC, sampai game konsol bisa dikendalikan dari satu aplikasi. Salah satunya yang bisa kamu pakai adalah Easy Universal TV Remote. Aplikasi yang satu ini sangat mudah digunakan karena kamu bisa menggunakan IR port di smartphone kamu, sehingga smartphone kamu bisa menjadi universal remote yang multifungsi.

 

10. Asisten Pribadi

foto: techranker.net

Pengguna iPhone pasti familiar dengan Siri. Siri awalnya adalah aplikasi asisten pribadi yang kemudian dijadikan fitur di iPhone atau iPad. Tapi kalau kamu tidak menggunakan produk Apple, kamu tetap bisa memiliki aplikasi asisten pribadi, misalnya Hound. Hound ini dapat melakukan atau mengintegrasi segala kegiatan kamu seperti membuat panggilan telepon, mengirim pesan teks, melakukan pencarian web, dan membuat perhitungan dengan lebih cepat. Tentunya hidup akan lebih mudah, bukan?

Writid.net

Baca juga artikel menarik lainnya :
1.6 Aplikasi keren ini wajib dimiliki kamu para pekerja kantoran
2.Cara Membuat wallpaper desktop bergerak di windows 7
3.Para voice actor karakter game yang mendunia