Nokia 3310 Lahir Kembali

by

Nokia 3310 Lahir Kembali

Nokia 3310 Lahir Kembali

Writid.net – Istilah remake pastinya udah enggak asing lagi di telinga pecinta film. Dalam dunia perfilman,remake berarti film yang dibuat ulang dengan gaya yang berbeda. Kadang film remake dibuat untuk menyempurnakan film aslinya, dengan menggunakan teknologi canggih masa kini. Ternyata, enggak cuma film aja yang dibuat versi remake-nya. Mantan penguasa dunia telepon genggam, Nokia, mengajak penggemar setianya bernostalgia dengan kembali merilis modelremake hape legendaris, Nokia 3310.

Kabar soal peluncuran hape ini sempat terdengar beberapa minggu lalu. Ternyata rumor itu bukan sekadar kabar burung. Pabrikan asal Finlandia ini secara resmi memperkenalkan salah satu model hape ikonisnya ini pada gelaran Mobile World Congress yang diadakan hari Minggu lalu di Barcelona, Spanyol. Hape ini dulu sempat menjadi pilihan utama pengguna telepon genggam. Saking lakunya, Nokia 3310 dijuluki sebagai “hape sejuta umat”. Faktanya, hape ini sendiri berhasil terjual hingga 126 juta unit di seluruh dunia.

Nokia 3310 Lahir Kembali
Nokia 3310 Lahir Kembali

Setelah puluhan tahun sejak pertama kali dirilis pada tahun 2000, Nokia 3310 tetap mempunyai tempat khusus di hati penggemarnya. Mereka udah rindu dengan hape yang tahan banting di era smartphone seperti sekarang ini. Karena hal tersebut, hape ini juga jadi salah satu meme yang populer di media sosial. Kecintaan penggemar setia Nokia terhadap 3310 terbukti dengan antusiasme masyarakat yang sangat besar dengan perilisan model terbarunya. Hal ini tentunya terasa istimewa, mengingat udah lama banget sejak terakhir kali orang antusias dengan hape rilisan terbaru Nokia.

Tentunya peluncuran versi terbaru Nokia 3310 ini membuat penggemar setianya bernostalgia, dan tentunya penasaran bakal seperti apa hape yang sempat jadi rebutan semua orang pada masanya ini. Biar enggak penasaran, yuk baca 5 fakta yang wajib lo tahu tentang Nokia 3310remake di bawah ini!

 

1. Bukan Windows Phone, Bukan juga Android

Nokia 3310 Lahir Kembali
Nokia 3310 Lahir Kembali

Sejak sistem operasi (OS) Android dan iOS mulai populer, penggiat telepon genggam secara perlahan dan bertahap meninggalkan hape Nokia, lalu beralih ke smartphone. Saat itu, mayoritas hape Nokia masih menggunakan OS Symbian yang mulai ketinggalan zaman. Nyatanya, Nokia yang udah kalang kabut tetap pada pendiriannya dengan menggunakan OS lamanya. Akhirnya, Android dan iOS mengambil alih pasar yang tadinya dikuasai Nokia. Kerja samanya dengan Microsoft lewat Windows Phone ternyata juga enggak menjadi jalan keluar bagi Nokia untuk tetap bertahan di ganasnya pasar.

Sejak rumor soal remake 3310 tersebar, banyak yang memprediksi hape ini akan menggunakan OS Android. Sayangnya, Nokia memutuskan untuk tetap membuat Nokia 3310 tetap seperti model aslinya dengan menggunakan OS asli Nokia. Jadi, buat lo yang berharap Nokia 3310 baru bakal gunain Android, lebih baik buang jauh-jauh impian lo itu biar lo enggak kecewa.

 

2. Layar enggak lagi monokrom

Nokia 3310 Lahir Kembali
Nokia 3310 Lahir Kembali

Untuk urusan teknologi layar, versi terbaru Nokia 3310 ini jauh lebih canggih dibanding pendahulunya. Yup, 3310 versi remake akan menggunakan teknologi layar berwarna, berbeda dengan layar 3310 asli yang masih hitam putih alias monokrom. Hape terbaru ini juga mempunyai ukuran layar yang lebih besar serta kepadatan piksel hingga 120 ppi. Meskipun enggak secanggih gadget zaman sekarang, 3310 terbaru ini enggak mau kalah bersahabat dengan layar lengkung. Fungsi layar lengkung ini adalah untuk membuat tulisan dalam layar lebih terbaca saat terkena sinar matahari.

 

3. Bukan buat penggemar selfie!

Nokia 3310 Lahir Kembali
Nokia 3310 Lahir Kembali

Enggak seperti pendahulunya, Nokia 3310 versi remake kali ini hadir dengan kamera belakang beresolusi 2 megapixel serta lampu kilat LED. Sayangnya, hape ini enggak mempunyai kamera depan. Menurut pernyataan resmi dari pihak Nokia, kamera yang ada pada 3310 terbaru ini hanya bisa digunakan untuk “foto seadanya”. Jadi, buat lo yang suka selfie maupun foto-foto pakai gadget lo, sepertinya Nokia 3310 remake ini bukan pilihan hape yang tepat.

 

4. Snake is back!

Nokia 3310 Lahir Kembali
Nokia 3310 Lahir Kembali

Pengguna dan penggemar setia hape Nokia jadul pastinya tau sama Snake. Yup, Snake adalah game sederhana yang menggunakan 4 tombol untuk kontrol atas, bawah, kiri, dan kanan untuk menggerakkan karakter ular di dalam layar. Nah, Nokia memutuskan untuk kembali membawa game yang dulu jadi fenomena ini dalam Nokia 3310 remake. Snake versi terbaru ini tetap dengan format game 2D sederhananya, tetapi kali ini dengan layar berwarna.

 

5. Baterai yang tahan berhari-hari

Nokia 3310 Lahir Kembali
Nokia 3310 Lahir Kembali

nggak hanya karena tahan banting, Nokia 3310 versi jadul mendapatkan status legendarisnya karena kekuatan daya tahan baterai yang bisa tahan berhari-hari. 3310 versi remake kali ini juga hadir dengan hal yang sama. Nokia sendiri mengklaim kalau 3310 baru ini bisa bertahan dalam mode standby hingga sebulan. Sementara itu jika digunakan untuk menelepon, hape ini bisa tahan hingga 22 jam. Jadi, buat lo yang udah keki sama smartphone lo, lebih baik segera pesan 3310 dari sekarang. Daripada stres sendiri gara-gara baterei bocor, ya enggak?

“Masih ingat saat lo meninggalkan rumah tanpa perlu baterai charger?” ujar Nokia dalam pernyataan resminya.

 

6. Pilihan 4 warna casing

Nokia 3310 Lahir Kembali
Nokia 3310 Lahir Kembali

Di zaman serba smartphone seperti sekarang ini, rasanya enggak mungkin banget buat penggunanya untuk mengganti-ganti penutup alias casing. Beda dengan zaman dulu saat hape punya casing warna-warni yang bisa diganti sesuka hati. Nah, Nokia 3310 baru ini menghidupkan kembali semangat itu dengan memberikan 4 pilihan warna casing, yaitu merah dan kuning yang diberi kesan gloss, serta biru dan abu-abu yang diberi kesan matte/dof.

 

7. Harga tetap bersahabat

Nokia 3310 Lahir Kembali
Nokia 3310 Lahir Kembali

Nokia 3310 versi remake ini tetap mempertahankan hal yang jadi daya tarik utama 3310 versi orisinal, yaitu harga yang terjangkau. Seperti yang dijelaskan Nokia dalam Mobile World Congress, 3310 terbaru akan dirilis di Eropa dengan harga 49 Euro atau sekitar Rp692 ribu. Sayangnya, belum bisa dipastikan apakah reinkarnasi dari hape legendaris ini akan dirilis di Indonesia. Namun, melihat Indonesia yang sempat menjadi pasar bagus buat Nokia, kayaknya kita akan melihat hape ini juga akan kembali ke tangan penggemar setianya di Indonesia.

***

Kebangkitan Nokia di pasar telepon genggam dunia ini tentunya jadi sebuah pemandangan bagus. Saat Nokia jatuh dan terpuruk beberapa tahun lalu, mimin sempat berpikir kalau kita semua enggak akan lagi melihat hape-hape baru Nokia. Ternyata pabrikan asal Finlandia ini enggak mau terpuruk begitu saja. Mereka bangkit dan kali ini berani terbuka, yang dibuktikan dengan perilisan ponsel berbasis Android, Nokia 3, 5, dan 6.

Nokia 3310 sendiri terlihat memang enggak menjadi andalan Nokia untuk kembali bersaing di pasar smartphone yang kejam dan ganas. Tapi kalau dilihat dari sisi sejarahnya, rasanya enggak ada yang salah jika Nokia memutuskan untuk mengajak penggemar setianya bernostalgia. Jadi, hape satu ini cocok banget buat lo yang ingin merasakan kembali gimana nyamannya menggenggam hape, mengetik tanpa tombol QWERTY, serta beraktivitas tanpa takut kehabisan baterai. Namun, buat lo yang merasa jadi bagian dari generasi milenial yang butuh lensa kamera canggih, alangkah lebih baiknya jika lo memilih smartphone yang terbukti lebih canggih.

Writid.net

Baca juga artikel menarik lainnya :
1.Tamasya ke Bulan Segera Jadi Kenyataan
2.Ini dia jam tangan pintar untuk tunanetra pertama di dunia
3.14 Foto teknologi retro buktikan iptek sudah berkembang sejak dulu