Pixel, Musuh Baru Samsung dan Apple di Dunia Smartphone

by

Pixel, Musuh Baru Samsung dan Apple di Dunia Smartphone

Pixel, Musuh Baru Samsung dan Apple di Dunia Smartphone

Pixel, Musuh Baru Samsung dan Apple di Dunia Smartphone
Pixel, Musuh Baru Samsung dan Apple di Dunia Smartphone

Writid.net – Pastinya lo tau, kalo saat ini pasar smartphone dunia adalah medan perang buat Apple dengan iPhone-nya dan Samsung dengan Galaxy andalannya. Enggak mau kalah sama dua raksasa smartphone tadi, Google mengambil langkah berani dengan merilis smartphone terbaru yang dinamakan Pixel pada Google Event yang diadakan Kamis (5/10) di markas Google, San Francisco, Amerika Serikat.

Selama ini, Google memang menguasai pasar dunia di kelas software untuk smartphone. Android adalah contoh nyatanya, dimana operating system (OS) beserta software pendukung lainnya dijalankan pada smartphone dari berbagai pabrikan seperti Samsung, LG, Lenovo, dan lainnya. Sayangnya, kebanyakan orang lebih melihat produk hardware dibanding software, dan menyebabkan kehadiran Google tenggelam di antara raksasa-raksasa smartphone.

Makanya, Google enggak mau terus-terusan berada di belakang dengan merilis Pixel, smartphone hasil pengembangan tim Google, yang semauanya serba Google mulai dari software hingga hardware. Makanya Google membawa slogan “Phone by Google” dalam event.

Smartphone ini datang dengan 2 varian ala iPhone 7 dengan senjata andalan berupa layar 5 inci yang dilengkapi dengan resolusi 1080p dan teknologi AMOLED. Dari segi performa, Pixel membawa teknologi Qualcomm Snapdragon 821 dengan kapasitas RAM 4 GB dan dilengkapi dengan OS Android 7.0 Nougat. Pixel akan dilepas dengan harga US$649 (sekitar Rp8 juta) dan terdapat berbagai pilihan warna diantaranya Quite Black, Very Silver dan Really Blue. Dari fitur serta spesifikasi super canggih tadi, ternyata Pixel masih punya banyak senjata andalan loh!

Pixel, Musuh Baru Samsung dan Apple di Dunia Smartphone
Google hardware team head Rick Osterloh introduces a new Pixel smartphone fielded in a direct challenge to Apple iPhone at a press event in San Francisco, California on October 4, 2016. / AFP PHOTO / Glenn CHAPMAN

Tadi udah mimin singgung soal strategi Google yang mau mengusai pasar software dan hardware. Ternyata strategi itu memang bakal jadi misi baru Google untuk menyaingi Apple, Samsung, serta pabrikan smartphone android lainnya. Menurut Google, berani bersaing di pasar itu adalah sebuah kewajiban, terutama karena perkembangan teknologi artificial intelligence (AI) yang semakin sering digunakan. AI adalah sebuah teknologi kecerdasan buatan yang disematkan ke dalam sistem biar bisa berperilaku seperti manusia.

CEO Google, Sundar Pichai, berkata kalo perangkat berteknologi AI bisa dibilang adalah momen istimewa yang bisa disetarakan dengan penciptaan komputer, World Wide Web, dan smartphone.

Jawaban Google atas kebutuhan teknologi AI ini adalah fitur ““Google Assistant”” yang jadi salah satu senjata andalan Pixel untuk menghadapi pesaingnya. “Google Assistant” adalah bentuk teknologi AI asli buatan Google yang bisa menjadi asisten digital (ala Siri di iPhone) yang bisa memberikan informasi di internet atau memainkan musik sesuai dengan perintah yang kita berikan. “Google Assistant” dapat bekerja di semua aplikasi Google, termasuk YouTube dan Google Photos. “Google Assistant” juga bisa mengumpulkan informasi dari aplikasi yang ada di ponsel, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai hal, misalnya melakukan pemesanan restoran atau tiket konser.

 

Pixel, Musuh Baru Samsung dan Apple di Dunia Smartphone
Google CEO Sundar Pichai talks about the Google Assistant, which will power the company’s new line of smartphones and a voice-activated speaker.

Pixel adalah smartphone pertama yang dilengkapi oleh teknologi “Google Assistant”. Menurut Pichai, smartphone terbarunya memang dibuat untuk menciptakan sebuah asisten personal digital untuk semua orang.

Enggak cuma “Google Assistant”, Google juga masih punya senjata lainnya berupa kamera HDR + berkekuatan 12,3 megapixel yang memiliki Electronic Image Stabilization. Mereka mengklaim kalo kamera smartphone buatannya adalah kamera smartphone terbaik sepanjang masa. Selain itu Pixel juga mampu merekam video beresolusi 4K dengan kecepatan 30fps dan resolusi 1080p hingga 120fps. Enggak perlu memori internal dengan kapasitas 32 GB atau 64 GB habis karena foto dengan kualitas baik. Hasil jepretan lo juga akan disimpan dengan resolusi maksimal di Google Photos secara gratis dan enggak terbatas.

Google enggak cuma memperkenalkan Pixel doang, loh. Mereka juga meluncurkan perangkat virtual reality (VR) bernama “Daydream View”. Sama seperti headset VR lainnya, Daydream digunakan bersama dengan controller yang mengikuti gerakan penggunanya. Menurut Clay Bavor, Presiden Deputi dari Divisi Virtual Reality Google, berat Daydream 30% lebih ringan dibanding dengan perangkat VR lainnya dan bisa digunakan bersama dengan kacamata. Pixel akan menjadi smartphone pertama yang bisa dioperasikan bersama Daydream.

Pixel, Musuh Baru Samsung dan Apple di Dunia Smartphone
Pixel, Musuh Baru Samsung dan Apple di Dunia Smartphone

Selain Daydream, Google juga memperkenalkan perangkat pengeras suara yang bisa menjadi pengenal suara bernama ““Google Home””, yang diplot menjadi pesaing “Amazon Echo”. Enggak cuma berfungsi sebagai pengeras suara doang, “Google Home” juga bisa menjawab apa saja pertanyaan yang lo berikan, layaknya “Google Assistant” atau “Siri” dalam wujud speaker.

Buat lo yang anti-Apple, lo bisa memilih Pixel sebagai alternatif smartphone pilihan. Apalagi dengan pertimbangan kalo smartphone asli Google ini bakal mempunyai performa yang lebih bagus dari smartphonehigh-end lain. Sayangnya, untuk saat ini Pixel hanya dijual secara ekslusif di Verizon dan Best Buy. So, kudu sabar dulu deh kalo mau beli Pixel di online shop.

Writid.net

Baca juga artikel menarik lainnya :
1.Mengapa Microsoft Bakal Tetap Kalahkan Apple dalam Dunia PC? Begini Alasannya
2.10 Hal yang tidak kamu sadari sudah digantikan smartphone
3.Ini dia jam tangan pintar untuk tunanetra pertama di dunia