10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

by

10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

Kalau ngomongin soal game sepakbola, pasti yang terlintas di kepala para gamers adalah PES atau FIFA. Dua game itu emang udah jadi game sepakbola paling populer di Dunia. Seolah-olah enggak ada game sepakbola lain yang lebih seru dari dua game itu. Akan tetapi, apa benar enggak ada yang lebih kece dibanding dua game itu? Ternyata enggak juga, loh! Kali ini mimin punya 10 rekomendasi game sepakbola paling seru selain FIFA dan PES. Penasaran, kan? Liat langsung, deh!

 

1. Mario Strikers Charged

10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES
10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

Mario Strikers Charged dirilis oleh Next Level Games pada 2007 untuk konsol Nintendo Wii. Game ini adalah game sepakbola mini yang menampilkan karakter-karakter dari serial game Mario dan DonkeyKong. Setiap tim terdiri dari lima pemain. Tokoh buaya yang ada di Donkey Kong menjadi penjaga gawang untuk masing-masing tim. Selain menyediakan fitur-fitur dasar dalam permainan sepakbola, seperti berlari, menendang, dan menjegal, game ini juga menyediakan fitur untuk menonjok pemain lawan. Tiap pemain juga punya jurus-jurus khusus buat menghadang lawan.

 

2. Disney Sports Soccer

10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES
10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

Lalu, ada Disney Sports Soccer. Game ini dirilis oleh Konami pada 2002 untuk konsol GameCube dan GameBoy Advance. Disney Sports Soccer adalah game sepakbola yang menampilkan karakter-karakter dari Dunia Disney sebagai pemain sepakbola. Disney Sport Soccer menyajikan tiga mode permainan, tujuh stadion, dan dua belas klub dengan karakteristik yang berbeda-beda. Selain menyediakan fitur-fitur dasar dalam permainan sepakbola, game ini juga menyediakan fitur untuk melakukan berbagai macam gaya tendangan dengan efek animasi yang unik dan menarik. Kerennya, game sepakbola ala Disney ini bisa dimainkan secara multiplayer; sampai empat pemain sekaligus.

 

3. Sega Soccer Slam

10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES
TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

Sega Soccer Slam adalah game sepakbola yang menampilkan karakter-karakter dari game klasik yang pernah ada di konsol Sega Genesis. Dari segi aturan, game ini cukup berbeda dari game-game sepakbola mainstream. Dalam game ini, enggak ada aturan tendangan bebas, penalti, lemparan ke dalam, atau sepak pojok. Bahkan, pemain dibolehkan untuk saling memukul. Game ini juga menyediakan beberapa mode lain seperti “Hot Potato”. Pada mode Hot Potato, bola terbuat dari bom. Setiap pemain bakal dapat poin pas ngoper bola dan bakal kehilangan poin pas kena ledakan bom.

 

4. Rocket League

10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES
10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

Untuk yang lebih modern, ada Rocket League. Game ini dirilis oleh Psyonix pada 2015 untuk konsol PS4 dan PC Windows. Rocket League adalah game sepakbola yang super aneh karena bukan makhluk hidup yang bermain bola. Di Rocket League, lo bisa ngerasain sensasi main bola pakai mobil. Bisa dibilang, game ini adalah game sepakbola mobil pertama dan satu-satunya di Dunia. Selain mengganti fitur berlari dengan turbo dan fitur menyundul dengan smash, game ini juga memungkinkan setiap mobil untuk saling tabrak dan menghancurkan mobil satu sama lain. Lo bisa mainin game ini dalam mode offline. Akan tetapi, game ini bakal lebih seru kalau lo mainin pada mode online yang menyediakan peringkat para pemain di seluruh Dunia.

 

5. Inazuma Eleven Strikers Xtreme

10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES
10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

Yang paling seru nih, ada Inazuma Eleven Strikers Xtreme. Game ini dirilis oleh Quintet Studio pada tahun 2011 untuk konsol Nintendo Wii. Inazuma Eleven Strikers Xtreme adalah perpaduan antara permainan sepakbola dengan permainan RPG ala Final Fantasy. Karena itu, selain menyajikan pertandingan sepakbola sebagaimana biasanya, game ini juga menyajikan berbagai macam pilihan karakter, skill, dan item/equipment yang menambah dinamika pertandingan. Lo akan merasakan sensasi bermain sepakbola sambil bertempur melawan para monster dengan jurus-jurus khas anime. Game ini semakin menarik karena memiliki tampilan grafis yang cukup bagus dan efek animasi yang sangat menarik.

 

6. Pure Football

10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES
TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

Selanjutnya, ada Pure Football. Game ini dirilis oleh Ubisoft pada tahun 2010 untuk konsol PS3 dan XBOX 360. Pure Football adalah game sepakbola mini yang menampilkan 17 tim nasional dari seluruh dunia dengan pemain-pemain top yang kita kenal. Walau game ini menyediakan tim dan pemain yang benar-benar ada di dunia nyata, mekanisme permainan yang berlaku dalam game ini sangat berbeda dari permainan sepakbola yang umum dimainkan di dunia nyata. Setiap tim dalam game ini hanya terdiri dari lima orang dan dapat melakukan berbagai macam gerakan akrobatik dan jurus-jurus unik. Stadion yang dipakai dalam game ini juga sangat unik dan berbeda dari stadion di dunia nyata.

 

7. Lords of Football

10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES
TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

Posisi ketujuh ada Lords of Football. Game ini adalah hasil karya developer asal Italia, Geniaware dan Fish Eagle. Game yang dirilis pada tahun 2013 untuk konsol PC Windows ini adalah game strategi dan simulasi sepakbola yang sangat unik dan berbeda dibanding Football Manager atau game sejenisnya. Dalam game ini, lo akan bermain sebagai direktur sebuah klub sepakbola. Lo berwenang buat melatih para pemain, mengatur kehidupan pribadi mereka, mengurus lapangan, merangkai taktik dan formasi, sampai akhirnya memenangkan pertandingan dan menjadi juara dunia. Game ini begitu digemari karena memiliki tampilan grafis yang sangat bagus untuk sebuah game strategi dan simulasi sepakbola.

 

8. Freestyle Street Soccer

10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES
TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

Untuk yang suka sepakbola jalanan, ada Freestyle Street Soccer. Game ini dirilis oleh Silicon Dreams Studio pada tahun 2003 untuk konsol PS2 dan GameCube. Freestyle Street Soccer atau dikenal juga dengan nama Urban Freestyle Soccer adalah sebuah game sepakbola dengan format sepakbola jalanan. Selain menyajikan pertandingan sepakbola empat lawan empat, game ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis gaya akrobatik atau freestyle yang menambah dinamika permainan. Lo bakal menikmati setiap gerakan para pemain yang penuh gaya dalam berlari, menahan bola, mengoper, hingga menendang bola ke gawang. Game ini menyediakan 10 pilihan tim dengan berbagai macam karakteristik yang unik dan berbeda satu sama lain.

 

9. Captain Tsubasa J

10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES
TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

Sedikit nostalgia nih, ada game Captain Tsubasa J. Game ini dirilis oleh Bandai pada tahun 1995 untuk konsol PS1. Captain Tsubasa J adalah game sepakbola yang diangkat dari komik manga dan serial anime terkenal tentang seorang pemuda asal Jepang yang bermimpi untuk menjadi pemain sepakbola kelas dunia. Sekilas, game ini sangat mirip dengan FIFA dan PES, tapi ada dua fitur unik dalam game ini yang tidak dimiliki game sepakbola lainnya. Fitur tersebut adalah fitur melompat untuk menghindari tackle musuh dan fitur tendangan andalan yang hanya bisa dilakukan oleh pemain-pemain tertentu. Dari segi gameplay, Captain Tsubasa J adalah game yang sangat seru. Namun sayang, pilihan tim dalam game ini sangat sedikit.

 

10. Super Shot Soccer

10 TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES
TOP Game Sepakbola Selain FIFA dan PES

Selain Tsubasa, ada juga Super Shot Soccer. Game ini dirilis oleh Tecmo pada tahun 2002 untuk konsol PS1. Super Shot Soccer adalah game yang dibuat untuk menyambut gelaran Piala Dunia 2002 yang diadakan di Jepang dan Korea. Game ini cukup mirip dengan Captain Tsubasa J, hanya saja game ini memiliki tampilan grafis yang lebih bagus dan efek animasi yang lebih memukau. Selain itu, kelebihan game ini dibanding Captain Tsubasa J adalah pilihan tim yang sangat banyak. Game ini menyediakan 30 tim nasional yang mengikuti Piala Dunia 2002 dan satu tim rahasia yakni tim Hong Kong atau tim Shaolin Soccer. Sementara dari segi gameplay, Super Shot Soccer menyediakan berbagai macam jurus ajaib bagi setiap tim sesuai budaya dari masing-masing negara.

***

Itulah game-game sepakbola terbaik selain FIFA dan PES. Dari mulai yang jadul kayak Super Shot Soccer sampai yang paling modern kayak Rocket League. Keren semua, loh! Ada yang udah pernah lo coba belum, nih? Kalau belum, harus segera coba, deh! Dijamin enggak kalah seru dari FIFA dan PES!

Writid.net

Baca juga artikel menarik lainnya :
1.Blizzard Perkenalkan Hero Overwatch Baru, Sebuah Robot Tank Bernama Orisa
2.10 Game yang Wajib Dibeli di Steam Winter Sale
3.Resident Evil VII, Akhirnya RE Benar-Benar Menyeramkan!