Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?

by

 

Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?
Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?

Writid.net- Beberapa hari belakangan, dunia maya tengah dihebohkan dengan #SkipChallenge atau di Amerika Serikat disebut dengan #PassoutChallenge. Kawan Muda pasti sudah melihat hashtag ini bertebaran di media sosial atau kamu termasuk yang mengikuti challenge ini?!

Kalau Kawan Muda (mulai) tertarik untuk mengikuti challenge ini, lebih baik kamu pikir-pikir lagi deh! Kita Muda enggak bermaksud menggurui atau berusaha jadi emak-emak rempong (hehe), tapi bahayanya itu lho. Memang, dengan ikut tren kamu bisa menjadi kekinian atau sekedar seru-seruan lah sama teman-teman.

Tapi, kalau tren yang diikuti mengundang bahaya kayak yang satu ini, Kawan Muda masih mau melanjutkan? Duh, masa iya sih kamu rela berkorban nyawa atau kesehatan demi eksis?

Nah, Inilah rangkuman beberapa fakta mengerikan dari #SkipChallenge. Semoga setelah membacanya, Kawan Muda mendapat pencerahan dan lebih selektif lagi dengan tren-tren yang ada di internet. Yuk disimak guys!

1. #SkipChallenge atau #PassoutChallenge adalah tantangan membuat orang pingsan atau untuk merasakan pingsan. Katanya sih, aksi ini dilakukan untuk menguji adrenalin dan parahnya ada yang demi eksis semata lho!

Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?
Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?

2. Di Indonesia, tantangan ini dilakukan dengan menekan bagian dada seseorang sekeras-kerasnya hingga dia lemas dan jatuh pingsan. Tak hanya satu orang lho yang menekan dada “si penantang”, melainkan beberapa orang sekaligus!

Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?
Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?

3. Sebenarnya, #SkipChallenge sudah nge-tren sejak zaman baheula dan sudah banyak korban yang tewas karenanya. Di Amerika Serikat saja, korban yang tewas mencapai seratus orang lho di sepanjang tahun 1995—2007. Hmm, kok bisa sih mereka sampai tewas saat melakukan tantangan ini?

Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?
Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?

4. Menurut Nick Flynn, dokter dari Union Quay Medical Centre, Irlandia, #SkipChallenge membuat otot dada berhenti bergerak sehingga enggak ada oksigen yang “mengalir” ke otak (hipoksia).

Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?
Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?

5. Dampak yang terjadi akibat hipoksia ini bisa bermacam-macam Kawan Muda, mulai dari pusing sesaat dan pandangan kabur (kerusakan otak ringan), kejang-kejang dan kehilangan kesadaran (kerusakan sedang), hingga kematian (kerusakan berat).

Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?
Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?

6Bila otak kekurangan oksigen lebih dari tiga menit maka bisa terjadi kerusakan otak, bila berlangsung lebih dari 5 menit akibatnya ya fatal seperti kematian tadi.

Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?
Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?

7. Meskipun “si penantang” bisa bangun kembali, belum tentu dia terbebas dari cedera. Karena saat terjatuh bagian tubuhnya kemungkinan membentur sesuatu yang bisa menyebabkan luka biasa maupun luka dalam yang serius.

Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?
Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?

8. Intinya, #SkipChallenge bukanlah tren yang pantas untuk diikuti. Menteri Pendidikan dan Kebudayan Muhadjir Effendy pun sudah mengeluarkan larangan untuk permainan yang dianggap lucu tapi mengancam nyawa ini.

Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?
Ini lho fakta mengerikan permainan #SkipChallenge maut yang dianggap lucu! Masih mau coba demi eksis semata?

Tak semua yang sedang tren baik untuk ditiru, Kawan Muda. Kalau yang kreatif dan bermanfaat sih sah-sah saja, tapi kalau yang mempertaruhkan nyawa begini? Duh, mending mainan yang lain deh ya, hehe.

Kalau menurut kamu gimana sobat? Setuju atau enggak nih dengan tren #SkipChallenge ini? Share pendapat kamu di kolom komentar ya.

Writid.net

Baca juga artikel menarik lainnya :