Nostalgia Macam Macam Permainan Tradisional Yang Ada di Indonesia

by

Writid.net- Pada masa sekarang ini, seiring berjalannya waktu dan perubahan jaman, macam macam permainan tradisional yang dulu sering kita mainkan saat kita masih kecil telah mulai terlupakan. Masa kecil adalah masa yang paling indah dan membahagiakan bagi setiap orang. Tak terkecuali untuk kita sebagai rang Indonesia. Biasanya pada masa anak-anak sarat dengan macam macam permainan tradisional dan hiburan. Seperti masa kecil Saya. Ada macam macam permainan tradisional yang biasa dimainkan anak-anak di Indonesia. Tapi kelihatannya di beberapa daerah permainan tradisional ini mulai ditinggalkan anak-anak.

Mereka lebih senang dengan mainan yang berbau modern. Apalagi jika sudah bermain game PB. Anak-anak di jaman sekarang kelihaiannya memang jarang yang terlihat. Oleh karena itu, mari kita lestarikan permainan tradisional yang sudah ada di Indonesia. Ini bertujuan agar anak-anak Indonesia jadi terdidik dan lihai. Banyak anak kecil jaman sekarang yang sudah mulai bermain dengan segala hal yang berbau tekhnologi. Seperti Game Online, PC Game, Internet, bahkan Jejaring Sosial.

Permainan Tradisional Congklak

Inilah Macam Macam Permainan Tradisional Yang Dulu Sempat Ngehits

Congklak

Adalah sebuah permainan tradisional yang sudah dikenal dengan berbagai macam nama dan sebutan di seluruh Indonesia. Dalam permainan Congklak ini biasanya sejenis cangkang kerang dipakai sebagai biji congklak. Kalaupun tidak ada, kadang bisa juga menggunakan biji-bijian dari tumbuhan. Aturan permainanCongklak dilakukan oleh dua orang. Alat yang digunakan dalam permainan menggunakan papan yang dinamakan sebagai papan congklak. Selain itu juga 98 buah biji yang disebut dengan biji congklak atau buah congklak.

Umumnya untuk papan congklak ini terbuat dari kayu dan plastik. Untuk bijinya terbuat dari biji-bijian,  cangkang kerang, kelereng, bebatuan kecil atau kerikil. Pada papan congklak ada 16 buah lobang. Terdiri atas 14 lobang kecil saling berhadapan dan 2 lobang yang besar di kedua ujungnya.

Permainan Tradisional Engklek

Engklek

Permainan tradisional yang bernama engklek ini adalah permainan lompat–lompatan pada bidang datar yang terlebih dahulu digambar diatas tanah. Caranya dengan membuat gambar berbentuk kotak-kotak lalu melompat dengan menggunakan satu kaki dari kotak yang satu ke kotak berikutnya.

Dalam bermain engklek sering kali dimainkan oleh 2 hingga 5 anak perempuan dan tempatnya dilakukan di halaman. Tapi, sebelum kita mulai permainan ini gambar dulu kotak-kotaknya di pelataran semen, tanah, atau aspal. Kita gambar 5 segi empat dempet berbentuk vertikal lalu di sebelah kanan dan kiri ditambah lagi lagi sebuah segi empat.

Ular Naga

Nah, permainan Ular Naga ini adalah satu permainan yang bisanya dimainkan secara berkelompok di luar rumah pada waktu sore dan malam hari. ular Naga membutuhkan tempat bermain yaitu di tanah lapang atau bisa juga halaman rumah yang agak luas. Permainan Ular Naga ini akan Lebih menarik apabila dimainkan saat kita di bawah cahaya rembulan. Untuk jumlah pemainnya biasanya antara 5-10 orang, lebih juga boleh. Ini sering dimainkan oleh anak-anak umur 5-12 tahun atau usia TK – SD.

Egrang Permainan Tradisional

Egrang

Jangkungan atau Egrang merupakan galah atau tongkat yang dipakai seseorang supaya bisa berdiri pada jarak tertentu di atas tanah. Egrang yang berjalan adalah egrang yang diperlengkapi tangga untuk tempat berdiri. Selain itu bisa juga digunakan tali pengikat untuk diikatkan ke kaki. Tujuannya adalah agar saat berjalan naik di atas ketinggian bisa seimbang. Jangkungan atau Egrang ini adalah salah satu dari macam macam permainan tradisional yang telah dibuat selama ratusan tahun.

Di Indonesia sendiri, Egrang biasa dimainkan ataupun dilombakan ketika peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus. Egrang dalam versi lain juga sering dimainkan saat upacara sunatan.