BAGIKAN KE SOSIAL MEDIA
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

5 Mitos Yang Dapat Membatalkan Puasa

5 Mitos Yang Dapat Membatalkan Puasa

Writid.net – Pada dasarnya, larangan dalam puasa adalah menahan segala hal yang berhubungan dengan nafsu. Namun, dari kecil kita sudah dibekali dengan beragam mitos tentang hal-hal lain yang membatalkan puasa. Sebagai insan yang niat beribadah di bulan suci ini, lo pasti enggak mau kalo puasa lo ternodai. Akan tetapi, terlalu percaya sama mitos juga enggak baik. Mitos yang berhubungan dengan puasa cuma bikin lo dihantui beragam perasaan saat berpuasa. Akhirnya, lo pun merasa tersiksa ketika menjalaninya. Oleh karena itu, yuk kenali apa aja sih hal-hal yang sebetulnya enggak membatalkan puasa, tetapi dikira bisa ngebatalin?

 

1. Sikat Gigi

5 Mitos Yang Dapat Membatalkan Puasa

Menyikat gigi sama sekali enggak membatalkan puasa. Justru lo harus sikat gigi supaya nafas lo enggak mengganggu orang lain. Saat menyikat gigi, jangan menelan pasta gigi dengan sengaja. Soalnya, itu jelas bikin puasa batal. Lagipula, pasta gigi juga enggak mengenyangkan, dan malah bisa bikin pencernaan lo terganggu karena sifatnya yang asam.

 

2. Membersihkan Telinga dan Hidung

5 Mitos Yang Dapat Membatalkan Puasa

Selain makan dan minum, memasukkan benda-benda apapun melalui lubang-lubang yang ada ditubuh memang membatalkan puasa. Akan tetapi, enggak seribet itu kok puasa. Lo masih bisa ngupil atau ngorek kuping selama menggunakan jemari. Nah, kegiatan ini bisa membatalkan puasa kalo masukin air atau benda lain ke dalam rongga terdalam hidung atau telinga yang melewati jangkauan jemari. Lagipula, pasti tersiksa banget kalo bagian dalam hidung terasa gatal, tetapi enggak bisa “menjangkau” karena takut puasa batal.

 

3. Melihat Lawan Jenis

5 Mitos Yang Dapat Membatalkan Puasa

Meski enggak membatalkan puasa, melihat lawan jenis dengan nafsu tuh enggak baik buat puasa lo karena puasa itu ditujukan biar manusia belajar mengontrol nafsu. Kalo secara intens melihat lawan jenis dengan nafsu, artinya puasa lo bakal berjalan tanpa esensi yang sebenarnya.

 

4. Nangis

5 Mitos Yang Dapat Membatalkan Puasa

Saat lo diputusin pacar di Bulan Puasa, dapet nilai jelek, atau dipecat, pastilah sulit untuk menahan air mata jatuh ke pipi. Dan pernah ada orang yang berkata kalo nangis bisa membatalkan puasa. Sebetulnya, menangis enggak akan membatalkan puasa. Tapi kembali lagi pada esensi puasa, yakni menahan hawa nafsu (termasuk emosi), menangis sampai meraung-raung dan terlebih diiringi rasa marah, membuat puasa lo kurang berarti.

 

5. Nyicipin Makanan

5 Mitos Yang Dapat Membatalkan Puasa

Waktu kecil, mimin KZL kalo nyokap lagi masak di bulan puasa. Soalnya, nyokap dengan santainya nyobain cumi rica-rica yang lagi dia masak. Padahal, waktu berbuka masih dua jam lagi. Nah, belakangan mimin tau kalo nyicipin makanan saat puasa tuh enggak masalah. Dengan catatan, makanan yang dicoba enggak boleh masuk ke tenggorokan. Cukup dirasakan lewat lidah. Hal ini sering dilakukan oleh para juru masak untuk menguji kualitas rasa makanan sebelum dihidangkan.

******

Puasa memang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Tapi lo harus banyak membaca dan banyak menyaring informasi supaya tahu hukum-hukum berpuasa dan enggak asal menghakimi kalo puasa yang dijalani orang lain tuh enggak sah. Soalnya, bukan kita kan yang nentuin sah atau enggaknya ibadah seseorang. Selamat berpuasa!

Writid.net

Baca juga artikel menarik lainnya :
1.6 Makanan Yang Terasa Lebih Enak di Bulan 
2.5 Tips Cara Supaya Puasa Enggak Berasa
3.7 Superhero Yang Berasal Dari Indonesia

Comments

comments