Inilah Fakta Di Balik Megaproyek Meikarta Lippo Cikarang

by

Writid.net – Bila anda membuka halaman pada berbagai media cetak, maka beberapa minggu terakhir Anda akan menemukan iklan besar-besaran tentang penjualan apartemen yang ada di kota Meikarta. Begitu juga jika berkunjung ke mal-mal yang dimiliki oleh Lippo Group, Anda malah akan mendapati kounter penjualan kota Meikarta. Promosi atas kota yang dibangun kelompok usaha milik taipan bernama James Riady sangatlah gencar. Pada harian Kompas pasang iklan display dua halaman berwarna. Sementara di harian Media Indonesia bahkan sampai lima halaman berwarna. Proyek Meikarta menjadi gebrakan terbaru Lippo Group sebagai sebuah kawasan kota mandiri di Jawa Barat. Keberadaan Meikarta Lippo Cikarang juga diharapkan mampu membantu pemerintah dalam mengatasi masalah defisit perumahan (backlog).

Inilah Fakta Di Balik Megaproyek Meikarta Lippo Cikarang

Kota Meikarta Lippo Cikarang Berada Di Posisi Segitiga Emas

PT Lippo Cikarang tbk membangun Kota Meikarta pada posisi segitiga emas yaitu Kawasan Industri Deltamas Jababeka, MM2100. Meikarta Lippo Cikarang merupakan salah satu kota yang dikelilingi 4000 perusahaan berskala teknologi. Lippo Cikarang membangun Meikarta mengikuti perkembangan dari teknologi. Selain itu, pembangunan ini merupakan salah satu peluang usaha dan juga sebagai pusat bisnis terbaik serta memberikan peluang kepada masyarakat setempat untuk bekerja atau membuka usahanya sendiri.

sepatu anak keren

Berburu Tanah Murah Dengan Untung Besar

Beberapa dekade lalu, lahan yang menjadi lokasi proyek Meikarta merupakan hamparan sawah tadah hujan yang kurang subur. Namun, ada beberapa warga tetap memakainya untuk menanam padi, termasuk di lokasi yang kini menjadi kompleks taman Meikarta. Bila memakai harga Rp7.500/m², nilai lahannya pada 2016 setara Rp53.000/m². Kisaran harga tanah ini masih sangat murah bila dibandingkan zonasi nilai tanah BPN di daerah kawasan Meikarta (Cikarang Pusat dan Selatan) yang sudah mencapai Rp1-2 juta/m² per 18 Agustus 2017.

Lokasi Meikarta Dianggap Strategis

  • Inilah kota di Cikarang, dan Bekasi, kawasan sedang berkembang dan dijanjikan menjadi kota yang paling indah dan modern dengan infrastruktur terlengkap di Asia Tenggara.
  • Bukan hanya itu yang dijanjikan oleh Lippo. Kawasan dengan luas 500 hektar terhubung dengan bermacam sarana transportasi yang tengah dibangun oleh pemerintah, misalnya kereta api cepat jurusan Jakarta-Bandung.
  • Belum lagi sederet fasilitas seperti pembangunan Patimban Deep Seaport, pembangunan bandara internasional Kertajati, dan pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated Higway.

Pembangunan Kota Meikarta ini sudah sesuai dengan perencanaan awal. Kota ini terhubung langsung pada berbagai kemudahan dan memberlakukan aturan kota pintar. Kota Meikarta telah menyajikan investasi tinggi juga melengkapi kebutuhan masyarakat baik ekspatriat maupun lokal dalam mobilitas.

Negara Dalam Negara

Dalam siaran pers yang disampaikan kepada media, Lippo Group menyebutkan persiapan kota Meikarta sudah dimulai sejak 2014. Di  tahap pertama pada lahan yang dibangun dengan luas 22 juta m2 bagi perumahan 250 ribu unit bisa menampung sebanyak 1 juta jiwa. Diharapkan Desember 2018 sudah siap huni.

Meikarta hadir untuk menyediakan hunian yang harganya terjangkau bagi masyarakat. Dengan demikian ke depannya akan muncul lebih banyak pengembang yang mampu menyediakan hunian dengan harga terjangkau. “Bagaimana Agar Meikarta dapat menyediakan perumahan affordable. Itulah yang utama. Semoga akan ada 100 pengembang layaknya Meikarta yang dibangun guna merampungkan defisit perumahan 8 juta yang enggak punya rumah.

Untuk Informasi menarik lainnya Silakan Baca:

  1. Tas Tali Kur Unik Buatan Anak Negeri Ini Jadi Idola Kaum Hawa
  2. Makanan Enak Di Jogja Ini Bikin Kamu Pingin Ngicip Lagi
  3. 4 Cafe Unik Di Jakarta Dengan Tema Dan Sensasi Berbeda