Asal Usul Dan Kisah Dibalik Lagu Eta Terangkanlah Yang Jadi Viral

by

Writid.net – Hal-hal absurd kerap menjadi tren di media sosial, salah satu yang terbaru adalah tren lagu Eta Terangkanlah. Saat didengarkan, lagu tersebut seperti dinyanyikan secara asal-asalan oleh beberapa pria. Lirik lagu Eta Terangkanlah terbilang unik, lagu tersebut diawali dengan Bahasa Sunda namun setelahnya digabung dengan lagu religi yang pernah dipopulerkan Opick. Musik Eta Terangkanlah ini berasal dari mulut jadi menambah uniknya lagu itu.

Kata-kata ‘eta terangkanlah’ banyak dipakai warganet beberapa hari terakhir ini. Video parodinya juga viral dan mudah sekali menempel di ingatan. Sebenarnya, dari mana asal muasal fenomena viral lagu eta terangkanlah ini?

Asal Usul Dan Kisah Dibalik Lagu Eta Terangkanlah Yang Jadi Viral

Pada Instagram, Twitter, Youtube, sosial media lain lagu eta erangkanlah ini bisa kita jumpai. Mulai dari video yberlirik sederhana juga nada sederhana berefek gendang, dan berujung ke kata-kata yang bisa jadi meme.

Kisah Di Balik Lagu Eta Terangkanlah

Frasa ‘Eta Terangkanlah’ kerap digunakan netizen atau warganet dalam berbagai unggahan. Frasa tersebut dari unggahan bahasa Sunda yang sebetulnya menyanyikan lagu religi karya Opick, ‘Khusnul Khatimah’.

Unggahan di YouTube yang menggambarkan pria sedang berjoget dengan latar lagu bahasa Sunda yang menyanyikan lagu berjudul Khusnul Khatimahssudah membuat Eta Terangkanlah menjadi tenar.

Dalam video parodi Eta Terangkanlah, lirik lagu dinyanyikan dengan bahasa Sunda oleh tiga orang lelaki yang hingga saat ini belum diketahui secara pasti.

Ada satu orang yang menyanyi, dan lainnya membuat musik dengan suara mulut seperti pukulan alat musik  gendang, dan sisanya memberi nuansa sorakan meriah.

Lirik Lagu Eta Terangkanlah

“Hiji dua hiji dua tilu/ Eta terangkanlah, eta terangkanlah/ Eta jiwa yang berkabut/ Eta yang penuh dosa/ Ampunilah, ampunilah/ Ampunilah zikiri dosa mas Toko,” lirik Eta Terangkanlah.

Video itu diunggah YouTube pertama kali oleh The Bokers Gaming 11 Juni 2017 kemarin dan saat ini sudah disaksikan oleh lebih dari 1 juta kali putar.

Lagu dengan berlirik ‘eta terangkanlah’ tersebut pertama kali viral melalui video dari seorang pria yang berjoged sendirian. Sampai saat ini belum tahu siapa juga di manakah pria tersebut, termasuk lagu ‘eta terangkanlah’ itu apakah memang diputar ketika si pemuda berjoged ataupun hanya ditempel saja.

Kemudian, lagu ‘eta terangkanlah’ ini diparodikan lagi. Mulai yang ditempel ke Minions, Ultraman, Spongebob, sampai versi K-Pop. Semua berdasar pada kreativitas yaitu bagaimana menyambungkan lagu ini dengan gerakan tarian orang.

Disamping jadi sebuah parodi, kata ‘eta terangkanlah’ ini juga sudah muncul di meme. Warganet juga kerap menggunakan ‘eta terangkanlah’ saat berkomentar di media sosial.

Viralnya kata-kata ‘eta terangkanlah’ ini bikin penasaran juga. Seperti Raditya Dika yang telah ngetweet ‘Eta terangkanlah itu sebenarnya maksudnya gimana?’.

Asal Muasal Kata Eta Terangkanlah

Asal muasal kata-kata ‘eta terangkanlah’ adalah dari lagu penyanyi Opick yang berjudul ‘Khusnul Khotimah’. Lirik awal  lagu itu berbunyi ‘terangkanlah terangkanlah’.

Opick sendiri tidak mempermasalahkan lagunya kemudian menjadi parodi yang viral di media sosial. Dia mengaku sudah melihat juga beberapa versi parodinya. “Enggak apa-apa, bagus-bagus saja. Ini namanya bentuk ekspresi,” ucap Opick.

Lagu Eta Terangkanlah jadi hiburan para netizen, dibalik kisah viralnya lagu itu berjudul Khusnul Khatimah, aslinya bertempo pelan dengan suara yang penuh pengharapan kepada Tuhan. Lagu di dalam album Ya Rahman itu berkisah mengenai harapan supaya dituntun kembali ke jalan yang benar dan meninggal dalam keadaan baik, alias khusnul khatimah.

Baca jula berita unik lainnya;

1.Demi tampil kekinian di medsos, gadis ini hamburkan uang Rp 133 juta

2.Wow lagi ngehits, kue ulang tahun dari mi instan ini jadi bikin laper