4 Jenis Makanan Khas Dari Boyolali Ini Bikin Anda Ingin Terus Coba Lagi

by

Writid.net – Kabupaten Boyolali adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di sebelah Timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Umumnya orang luar mengenal Boyolali sebagai kota penghasil susu sapi maupun kota pemasok daging sapi terbesar ke seluruh kota di Indonesia. Wajar jika berbagai macam olahan kuliner berbahan dasar susu sapi dapat dengan mudah kita jumpai di Boyolali. Nah, apakah anda ingin mencoba makanan khas dari Boyolali yang bikin nagih ini??

Kami akan menghidangkan referensi beberapa sajian kuliner atau makanan khas dari kota tersebut. Pastinya akan rugi rasanya bilamana berkunjung ke sana tanpa menikmati sajian makanan khas atau jajanan kulinernya. Boyolali memiliki sejumlah hidangan istimewa yang mampu memikat para pemburu kuliner Indonesia.

4 Jenis Makanan Khas Dari Boyolali Ini Bikin Anda Ingin Terus Coba Lagi

Coba Makanan Khas Boyolali Yang Bikin Anda Ketagihan

Berikut ini adalah makanan khas Boyolali yang tak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke sana.

1. Jenang Pecel Boyolali

Bubur sumsum dan pecel dipadukan, seperti apa jadinya? Jadi santapan kuliner yang unik dan nikmat khas kota Boyolali. Jenang Pecel namanya. Bubur sumsum yang akrab dijadikan sarapan di berbagai daerah lain dapat di sulap menjadi makanan utama lezat dengan tambahan pecel di atasnya. Rasanya istimewa dan bikin kangen. Lokasi jenang pecel paling favorit ada di samping Pasar Sunggingan, Jl. Garuda, Boyolali.

2. Dodol Susu Sapi

di Boyolali Dodol Susu merupakan buah tangan yang wajib anda gondol. Bahan dasar dodol sapi ini serupa dengan dodol di tempat lain yakni menggunakan tepung ketan dan gula. Tapi karena campuran dari susu sapi segar yang ada di dalamnya menjadikan tektur dan kelezatan dodol ini menjadikan para penikmat kuliner ingin nambah lagi. Kuliner ini bisa dengan mudah kita jumpai di kawasan sekitar agrowisata alam Selo. Umumnya untuk 1 box kotak berisi 8 – 10 dodol susu kita hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 7000,- sampai dengan Rp. 10.000,-

3. Tahu Susu

Kota Boyolali terkenal akan agrowisata khususnya tentang sapi perah, wajar bila Boyolali jadi penghasil susu sapi dengan jumlah besar. Salah satu produk olahannya adalah tahu susu yang di buat murni dari susu sapi yang baru pertama kali di perah. Menarik bukan? Jajanan bergizi dan unik ini bisa anda dapatkan di sekitar Jl. Pandanaran. Selain tahu susu, ada juga produk olahan lain seperti dodol susu, keripik susu, atau susu segar yang tak kalah sedap.

4. Nasi Tumpang Sambel Lethok

Dinamakan nasi tumpang sebab dalam penyajiannya caranya adalah dengan meletakkan sambal Lethok dan dicampur diatas nasi. Umumnya kuliner ini dibuat dengan cara menumbuk tempe busuk, bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, kencur, dan cabai. Kemudian direbus dan diberi bumbu dengan santan hingga matang. Cita rasa serta aroma dari tempe busuk nantinya akan menjadi cita rasa yang tersendiri.
Bumbu – bumbu ini biasanya akan dipadukan dengan sayuran segar sehingga kandungan gizi dari kuliner yang satu ini cukup baik dan sudah pasti menyehatkan.
Nah, itulah 4 jenis makanan khas Boyolali yang wajib anda coba saat berkunjung ke sana. Selain itu masih banyak kuliner lezat lainnya yang tersedia di kota Ini.
Baca Juga Info kuliner menarik lainnya di sini: