5 Pantai Gunung Kidul Yang Paling Bagus Bikin Kamu Pingin Balik Lagi

by

Wriitid.net – Berlibur ke Jogja tidak melulu harus ke Malioboro, Prambanan, Kraton atau Ratu Boko. Jika kamu punya waktu lebih di Jogja, cobalah untuk menjelajahi pantai-pantai yang berada di kabupaten Gunung Kidul. Ada banyak pantai Gunung Kidul yang paling bagus yang bisa anda jadikan pilihan anda saat berlibur ke Gunung Kidul. Pantai yang masih asri dan panoramanya yang indah membuat anda ingin balik lagi ke sana setiap berada di Jogja.

Sangking jumlah pantai Gunung Kidul yang paling bagus ini cukup banyak, membuatnya mendapat sebutan surganya para pencinta pantai. Gunung kidul yang ujung sebelah timur berbatasan dengan Jawa Tengah hingga ujung barat yang berbatasan dengan Bantul, memiliki gugusan tepi pantai yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.

5 Pantai Gunung Kidul Yang Paling Bagus Bikin Kamu Pingin Balik Lagi

Daftar 5 Pantai Gunung Kidul Yang Paling Bagus

Dan berikut ini adalah daftar 5 pantai Gunung Kidul yang paling bagus dan layak kamu kunjungi.

1.Wisata Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Pantai Sepanjang berada di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari. Dinamakan Sepanjang sebab garis pantai ini paling panjang diantara pantai lain yang ada di Gunung Kidul. Pantai Sepanjang ini relatif baru dan masih cukup sepi. Belum terdapat bangunan permanen di pinggiran pantai. Cuma terdapat gubug sederhana beratapkan daun kering. Ombak di pantai Sepanjang ini tergolong sedang. Untuk kamu yang sedang galau dan ingin menyegarkan pikiran, kamu bisa berjalan santai bertelanjang kaki menyusuri garis pantainya yang panjang

2.Pantai Jogan Wonosari

Pantai ini dapat dikatakan istimewa, sebab dari sekian banyak Pantai Terkenal Di Gunung Kidul, pantai Jogan adalah satu-satunya yang memiliki keunikan air terjun. Sumber air terjun berasal dari perbukitan yang terletak di bibir pantai dan memiliki ketinggian sekitar 10 meter dari permukaan laut. Bagi kamu yang ingin merasakan air terjun ini, kamu dapat menuju ke arah bawah dengan tetap berhati-hati sebab melewati jalan yang licin dan basah yang berasal dari aliran air terjun. Terdapat beberapa alat bantu berpegang seperti kayu untuk menahan berat badan saat berjalan ke bawah dengan kemiringan agak curam.

3. Pantai Ngobaran

Sensasi Ngobaran itu disamping pasir putihnya yang dipadu air birunya untuk menghadirkan pesona pantai yang menawan, adalah kebudayan yang berada di sana. Tempat ini mempunyai 4 tempat ibadah bagi 4 kepercayaan yang saling berbeda dimana empat bangunan itu dibangun secra berdekatan. Diantara tempat ibadah yang terlihat paling jelas disini yaitu sebuah bangungan yang mirip dengan pura lengkap dengan patung dewa berwarna putih. Konon, bangunan tersebut dibangun pada tahun 2003 untuk menyambut Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit.

4. Pantai Baron

Banyak keunikan yang dimiliki oleh pantai ini. Salah satunya adalah keberadaan sungi air tawar bawah tanah. Air sungai tersebut mengalir ke laut. Pantai Baron juga mempunyai berbagai fasilitas misalnya tempat pelelangan ikan, atau wahana bermain untuk anak-anak, hingga perahu mesin. Pantai Baron salah satu pantai yang digunakan sebagai tempat upacara sedekah laut para nelayan. Upacara tersebut dilaksanakan pada tanggal satu suro pada penanggalan Jawa.

5. Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Pantai ini merupakan pantai di Gunung Kidul Yang Masih sepi, yang memiliki garis pantai sekitaran Enam Ratus Meter dengan pasir yang warnanya kuning keemasan.

Nah, itulah 5 pantai Gunung Kidul yang paling bagus yang pastinya bikin anda kangen dan pingin balik lagi ke sana.