BAGIKAN KE SOSIAL MEDIA
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mengoleksi barang-barang yang dinilai antik dan kuno tentu saja mempunyai kepuasan tersendiri untuk para kolektor. Terlebih lagi apabila hobi itu pada akhirnya mempunyai nilai jual yang sangatlah tinggi. Salah satu diantaranya yaitu dengan mengoleksi uang kuno. Berbicara tentang uang, pastinya wajar saja apabila akan selalu ada model baru yang dicetak oleh negara. Dan pada umumnya apabila sudah ada versi yang baru, masyarakat menjadi tidak sabar untuk bisa memilikinya. Uang model yang sudah lama pun sedikit demi sedikit mulai menjadi terlupakan. Dan banyak sekali yang sudah tidak berlaku lagi.

Sebagian orang juga banyak menukarnya dengan yang baru, namun juga tak sedikit pula yang masih menyimpannya. Alasannya tidak hanya untuk dijadikan koleksi saja, akan tetapi keyakinan apabila suatu saat uang itu akan lebih berharga dari pada nilainya. Sangat sering jika masyarakat kita keliru didalam memprediksi masalah uang kuno. Ada juga mereka yang beranggapan harga uang kuno akan mahal apabila umur tua. Padahal semua anggapan itu tidaklah 100 persen benar, dapat dikatakan yang menetukan tingkat harga yaitu kelangkaan serta nilai seni yang terkandung di dalam uang tersebut. Beberapa uang lama terutama yang ada pada tahun 1990 an, sekarang ini harganya melejit dengan luar biasa.

Uang kertas 500 Gulden

Uang kertas yang dibuat tahun 1933-1939 ini, di keluarkan saat Indonesia belum merdeka. Lalu, uang kuno indonesia yang paling ini, dengan desain wayang. Sebab tidak heran paling banyak diburu oleh para kolektor. Bentuknya yang bagus, nominalnya yang lengkap serta begitu besarnya kesulitannya. Pastinya menjadikan seri ini mengalami kenaikan harga yang begitu luar biasa. Tidak heran jika banyak kolektor baik pemula atau senior yang kerap mengalami kesulitan guna melengkapi seri ini. Seri wayang terdiri atas 8 pecahan serta 14 variasi. Pecahan kecil (5, 10 serta 25 gulden) masing masing punya 3 variasi tanda tangan. kemudian pecahan besar hanya satu variasi. Pecahan 500 gulden ini merupakan yang begitu sulit untuk dijumpai. Dan hanya ada 3 lembar saja yang pernah tampak di pasaran. Harga pada kondisi VF mungkin telah melebihi angka Rp 30 juta.

Uang Kertas Rp5.000 Keluaran tahun 1958

Untuk uang kuno Indonesia yang paling dicari ini mempunyai ukuran yang lebih besar apabila dibandingkan dengan uang kertas yang ada sekarang ini. Pada satu sisi uang ada gambar perempuan denagn kebaya yang sedang memegangi padi. Sementara dalam sisi sebaliknya tergambar hamparan sawah dengan terasering. Pada zaman dulu, uang kertas ini hanya dipunyai oleh orang-orang tertentu. Uang pecahan Rp 5.000 tersebut sekarang ini sebanding dengan Rp 10 juta ataupun lebih. Dengan nilai historis yang begitu tinggi, uang kertas ini memang dikategorikan sebagai uang langka yang punya daya jual yang tinggi.

Uang Kertas 1000 Gulden Keluaran 1933-1939

Kalau tadi yang Gulden nominalnya 500, sekarang adalah yang nominalnya 1000. Nah yang paling besar nominalnya yaitu 1000 Gulden. Uang kuno ini termasuk seri wayang Gulden yang nominalnya memang paling besar. Uang kuno ini memiliki harganya memang cukup tinggi, bahkan banyak para kolektor rela membelinya dengan harga hingga mencapai Rp 100 juta. Nominal ini merupakan uang kuno Indonesia yang paling dicari. Para kolektor akan senang sekali membeli uang ini jika anda mempunyainya. Maka dari itu, apabila anda mempunyai uang kuno ini, rawat dan simpanlah dengan baik, jangan sampai dibuang.

Uang Kuno Rp 100

Uang yang keluar ditahun 1948 ini juga tergolong uang kuno yang begitu mahal. Untuk uang kuno yang memiliki desain kemerdekaan ini sangat langka ditemukan. Apabila kondisinya masih terlihat sangat bagus, para kolektor mau membelinya satu setengah kali lipat dari pada harga yang ditawarkan. Uang kuno ini begitu mahal sebab menjadi saksi pascaperjuangan kemerdekaan negara Indonesia.

Comments

comments

loading...