6 Cara Menggunakan WiFi ID Secara Gratis dan Berbayar

by

TELKOM GROUP menyediakan Wifi.id yang merupakan jaringan publik internet berbasis Wireless atau Hotspot. Jaringan ini juga ditawarkan oleh operator yang bekerja sama dengan PT. TELKOM. Saat ini jaringan Wifi.id sudah tersebar luas di seluruh Indonesia. Cara menggunakan Wifi id ini bisa dilakukan secara gratis maupun dengan biaya. Untuk penggunaan Wifi.id secara umum, memang kita diharuskan untuk membayar dengan pulsa supaya dapat mengakses jaringan wifi ini.

sepatu anak keren

Disamping itu, anda juga bisa menggunakan Wifi id secara gratis. Cara menggunakan Wifi id tanpa biaya ini bisa membantu anda untuk berinternet gratis selama satu jam. Ada berbagai keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan Wifi.id ini. Salah satu keuntungan tersebut ialah anda bisa berinternet unlimited dengan kecepatan sebesar 100 mbps. Selain itu, anda juga bisa download film sepuas anda selama batas waktu tertentu. Wifi.id memang terbukti unggulan.

Cara Menggunakan WiFi ID

Wifi.id mudah untuk digunakan. Untuk anda yang ingin menggunakannya, berikut kami bagikan berbagai cara menggunakan Wifi id yang bisa anda praktekkan sendiri.

1. Secara Gratis

Untuk anda yang ingin menggunakan Wifi.id secara gratis, anda bisa gunakan cara yang satu ini. Adapun caranya yaitu anda harus terhubung terlebih dahulu ke Wifi.id dengan menggunakan laptop maupun smartphone. Setelah anda terhubung, selanjutnya buka browser anda. Nantinya anda akan dialihkan ke halaman log in. Baru setelah itu, anda klik menu ISP/Operator dan anda pilih atau klik RadNet.

Lalu isi kolom email dengan menggunakan email anda atau anda juga bisa menggunakan sembarang email. Selanjutnya, klik kolom password. Tunggu beberapa saat hingga password muncul dengan sendirinya. Lalu klik log in dan anda bisa mendapatkan akses WiFi secara gratis selama satu jam.

2. Via Android

Cara menggunakan Wifi id juga bisa anda lakukan dengan menggunakan Android. Caranya, anda masuk ke setting wifi terlebih dahulu. Nantinya anda akan mendapati ikon @wifi.id. Anda silahkan klik icon wifi-id tersebut hingga terhubung. Apabila sudah terhubung, selanjutnya anda membuka browser. Kemudian silahkan anda pilih browser yang anda inginkan, bisa menggunakan Firefox, Chrome, Opera, ataupun browser bawaan hp Android juga bisa.

Di tampilan utama browser silahkan anda masukkan alamat sesuai keinginan. Sebagai contoh, anda masuk saja ke alamatnya Google. Nantinya anda akan dibawa masuk ataupun dialihkan ke halaman utama login wifi-id. Pada halaman login tersebut, ada panduan yang digunakan untuk registrasi dari beberapa operator selular. Anda silahkan daftar terlebih dahulu untuk berlangganan data melalui sms. Setelah anda berhasil mendaftar, anda nantinya akan mendapat username dan password.

Username dan password tersebut berfungsi untuk login ke wifi-id. Kemudian anda masukkan password dan username tersebut dan apabila benar maka anda dibawa ke tampilan selanjutnya. Anda telah berhasil terkoneksi dan dapat browsing sepuasnya dengan mendapatkan kecepatan download sebesar 10Mb dan upload kurang lebih sekitar 5Mb.

3. Voucher Wifi.id

Cara untuk menghubungkan internet ke hotspot wifi.id dengan menggunakan voucher Wifi.id bisa dilakukan dari smartphone ataupun laptop. Cara ini hanya bisa anda lakukan jika anda telah membeli paket internet ataupun voucher (Speedy Instant Card). Pasalnya, di dalam kartu speedy tersebut ada username dan password yang nantinya akan digunakan untuk melakukan login.

Pada dasarnya anda tidak perlu mendapatkan kartu internet secara fisik sebab yang anda butuhkan hanyalah username dan password. Anda pun juga dapat membeli username dan password secara online dengan menggunakan pulsa regular yang anda miliki. Akan tetapi pada umumnya anda bisa mendapatkan kartu atau username dan password tersebut di kator Telkom atau outlet pihak Telkom.

Adapun cara mendapatkan username dan password atau voucher dengan menggunakan pulsa telepon regular sangatlah mudah. Anda hanya tinggal mengirim SMS dengan format seperti : NET(spasi)JENISPAKET, dan kirim ke 98108. Sebagai contoh, untuk anda ingin membeli voucher dengan harga sebesar Rp. 5000, maka kirimkan SMS dengan format NET 5000 dan kirim ke 98109. Setelah pulsa anda terpotong Rp. 5000, maka anda akan mendapatkan username dan password untuk digunakan di wifi CORNER yang telah tersedia.

4. Via Laptop

Cara menggunakan Wifi id via laptop bisa dilakukan dengan cara menyalakan laptop terlebih dahulu. Setelah itu, pastikan fitur wifi di laptop anda aktif dan bisa menerima sinyal internet. Cari dan hubungkan laptop anda dengan hotspot wifi.id. Setelah itu, buka browser apa saja yang ada di laptop anda, bisa menggunakan Chrome, Firefox, Opera, Safari, maupun browser yang lainnya.

Apabila browser telah anda buka, selanjutnya anda buka alamat website wifi.id ataupun alamat website apa saja, misalnya Google.com. Setelah itu, browser secara otomatis akan melakukan pengalihan alamat website yang nantinya dituju (redirect) ke halaman login wifi.id. Hal ini dilakukan untuk pancingan saja supaya bisa membuka halaman login.

Langkah selanjutnya ialah memasukkan username dan password. Tulis saja username dan password yang ingin anda peroleh apabila telah membeli voucher, bisa melalui SMS jika membeli secara online ataupun dari kartu atau voucher fisik (jangan sampai lupa untuk menggosok bagian hologramnya supaya mendapatkan password). Selesai. Anda bisa menikmati internet bebas tanpa batasan kuota seharian. Hal ini tergantung paket yang anda beli.

5. LINE

Wifi id juga bisa digunakan dengan bantuan LINE. Adapun caranya yaitu anda hanya perlu mencari tempat yang menyediakan hotspot yang ada jaringan wifi.id. Biasanya jaringan wifi.id ini tersedia di alun-alun kota ataupun pusat kota. Hubungkan gadget wifi anda ke jaringan wifi.id. Apabila sudah terhubung, nantinya anda akan ditampilkan pop-up browser untuk anda lakukan login.

Setelah itu, anda bisa scroll ke bawah halaman sampai terlihat LINE banner dan tap banner tersebut. Kemudian anda login dengan menggunakan akun ID LINE anda menggunakan email yang telah terdaftar. Apabila anda belum mendaftarkan email pada akun LINE anda, tap saja link berikut untuk mendaftar LINE://nv/accountRegist/. Setelah anda berhasil login, maka tap lanjutkan. Selesai.

6. NusanetWifi

NusanetWifi merupakan salah satu produk Nusanet yang bisa mengakses internet di seluruh wilayah Indonesia dengan mudah. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah siapkan kartu seluler atau perdana. Daftar akun Nusanet. Anda bisa mendaftarnya dengan melalui website NusanetWifi ataupun mengirim pesan dengan format NUSANET, lalu kirim ke 08163154321. Anda akan mendapatkan username dan password disertai kode referensi. Simpan kode referensi tersebut untuk top-up secara gratis.

Selanjutnya anda bisa login di Wifi.id. Kemudian masuk ke welcome page dan pilih ISP/Operator. Masukkan username dan password, lalu klik tombol hijau bergambar anak panah. Selesai. Anda sudah berhasil untuk mengakses Wifi id secara gratis dengan NusanetWifi. Jangan lupa, kode referensi yang anda dapatkan harus disimpan. Pasalnya, kode tersebut dapat digunakan untuk menambah kuota waktu penggunaan internet gratis.